Kumpulan Surat Resmi Dan Non Resmi Lengkap Dengan Contoh Terbarunya

! Cara Menulis Surat Lamaran Kerja +Plus Infonya

Surat menyurat merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap individu atau sebuah instalasi, baik itu bergerak dalam bidang faktory atau jasa. Sebab dengan adanya surat menyurat semua kebutuhan akan administrasi akan terpenuhi dan bisa di bilang semala , ada beradaban manusia mungkin konsep surat menyurat akan selalu dibutuhkan. Terlepas adanya teknologi secanggih apapun pasti membutuhkan pendukung fisiknya nya baik itu berupa surata atau sejenisnya.

Dan untuk memperoleh konsep surat yang rapi , serta tetap sasaran dibutuhkan gaya bahasa yang baik supaya orang mudah dalam memahaminya. Adapun kosep ini biasanya harus mengikuti tata bahasa yang berlaku. Dalam hal ini EYD Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. Sebab jika konsep pemahamannya banyak mengandung multi tafsir maka, khawatir orang yang membacanya akan mengalami keseusahan dalam memahaminya.

Dan jangan lupa pula selamu menggunakan bahsa yang sopan , tidak mengandung unsur sara atau unsur yang bisa menyinggung orang atau lembaga yang dituju. Usahakan selalu diawali dengan penghormatan baik itu trimakasih atau sejenisnya. Karena dalam surat menyurat juga memerlukan adab atau sopan santun, supaya orang yang membacanya merasa nyaman dan enak.

Dan adapun contoh ! Cara Menulis Surat Lamaran Kerja +Plus Infonya adalah sebagai berikut:

    Cara membuat surat lamaran kerja yang bagus dan benar akan saya ulas dalam postingan referensi contoh surat di kesempatan kali ini.


    Panduan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan


    Pada tulisan kali ini, akan kami berikan beberapa contoh surat lamaran kerja bagi anda yang masih belum beekrja dan ada keinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan tapi masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang bagus agar lamaran kerja yang anda ajukan bisa dipertimbangkan oleh mereka.

    Untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sesuai dengan yang anda inginkan di sebuah perusahaan, anda wajib mengajukan surat lamaran kerja. Kecuali kalau anda ingin buka usaha sendiri atau ingin bekerja sebagai petani, anda tidak perlu membaca artikel ini sampai habis.

    Untuk membuat surat lamaran kerja yang bagus, anda harus memperhatikan struktur dan format yang baik untuk sebuah surat lamaran kerja.


    Format Surat Lamaran Kerja


    Tanggal Penulisan

    Contoh:
    Jakarta, 23 September 2012

    Nama Dan Alamat Penerima Surat

    Contoh:
    Kepada Yth,
    Bapak Prof.Ir. Hasan Al-Banna, Lc, MA
    Rektor Universitas Lipia Jakarta
    Jl. Buncit Raya No.5A, Ragunan, Pasar Minggu
    Kota Jakarta Selatan 12540

    Salam Pembuka

    Contoh:
    Dengan hormat,

    Kalimat Pembuka

    Contoh:
    Melalui surat ini saya, Muhammad Adnan Syarif, ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf pengajar (dosen) di Universitas Ibnu Su’ud LIPIA Jakarta untuk mata kuliah ushul fiqh, ilmu tafsir dan ilmu hadits.

    Sesuai dengan informasi yang saya baca di ………………pada  tanggal …….. Maka, saya bermaksud untuk mendaftar pada perusahaan Bapak.

    Kalimat Isi

    Contoh:
    Saya lulus dari program sarjana untuk bidang Syari’ah di Universitas Islam Madinah Al-Munawwarah, Madinah – Arab Saudi pada tahun 2008, dan lulus dari program Magister Universitas Islam Madinah pada tahun 2012 untuk pembidangan ushul fiqh. Kemudian mengambil program S3 bidang ushul fiqh dan selesai pada tahun 2016.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya mempunyai pengalaman mengajar di beberapa perguruan tinggi islam di jakarta. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya yakin bila saya dapat memenuhi ekspetasi yang anda harapkan dari saya.

    Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan curriculum vitae, foto copy ijazah dan transkrip nilai, fotocopy KTP, dan foto terbaru.

    Kalimat Penutup

    Contoh:
    Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

    Tanda Tangan dan Nama Lengkap Penulis Surat

    Contoh:
    hormat saya,

    Muhammad Adnan Syarif

    Berbicara mengenai dunia kerja, saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sangat sulit. Selain persaingan yang semakin ketat, perusahan juga menuntut agar kita mempunyai pengalaman kerja dan skill di atas rata-rata. Jadi selain CV yang menarik, hal-hal internal juga sangat dipertimbangkan untuk diperhatikan.

    Surat lamaran kerja yang anda buat sangat berpengaruh dengan peluang anda diterima di sebuah perusahaan. Mereka akan menilai surta lamaran yang anda buat, seperti kerapihan tulisan (margin, rata tulisan), format, dan kreatifitas.

    Contoh Surat Lamaran Yang Bagus


    Jakarta, 8 September 2017

    Hal: Lamaran pekerjaan

    Yang Terhormat,
    Kepala HRD PT. Digital Permai
    Jl. Sungai Takwa Iman No. 13a
    Jakarta Utara

    Dengan hormat,
    Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Digital Permai yang saya baca dari koran Republika pada tanggal 7 september 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan Bpk / Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian digital marketing dengan kode (DM) di perusahaan PT. Rumah Iman.

    Nama : Muhammad Adnan Syarif
    Tempat / tgl. Lahir : Semarang, 08 Oktober 1991
    Pendidikan Terakhir : S2 manajemen Pemasaran
    Alamat : Jl. Penawaran No. 202
    Telepon (HP) : 0812-2013-9876
    Status : Belum Menikah

    Saat ini saya dalam keadaan sehat wal afiat. Sebagai tambahan informasi, saya juga fasih berbahasa Arab dan Inggris dengan fasih. Saya selalu bekerja keras dan jujur. Latar pendidikan saya sangat memuaskan. Saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu berbasis windows atau linux, mengusai big data dan program-program marketing online seperti Insight Zilla dan The Graph. Saya juga bisa membuat dan mengembangkan website.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya juga lampirkan:

    1. Foto copy Ijazah S1 dan S2
    2. Foto copy transkrip nilai
    3. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
    4. Pas photo terbaru

    Kesempatan wawancara dari bapak / ibu  HRD sangat saya tunggu agar saya dapat menjelaskan lebih detail tentang kemampuan dan Potensi yang saya miliki untuk membantu kemajuan perusahaan yang bapak pimpin.

    Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak .

    Hormat saya,


    Muhammad Adnan Syarif


    Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


    Bandung, 18 Februari 2017



    Kepada Yth,

    HRD PT. ………….

    di Tempat



    Dengan hormat,

    Sesuai dengan informasi pada website resmi Perusahaan, bahwa PT …………..   membutuhkan tenaga  kerja sebagai …………. , maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

    Nama                                    : Try Firmansyah S.T

    Alamat                                  : Desa Jatimakmur RT.05 RW.10 Bandung

    Tempat, Tanggal lahir           : Bandung, 5 Agustus 1987

    Pendidikan Akhir                  : Strata 1 (S1)

    Nomor Handphone              : 08567492989

    Email                                     : styfirman009@gmail.com

    Status Pernikahan                 : Belum menikah

    Bermaksud untuk melamar kerja di PT……………. sebagai………… Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya. Untuk itu saya lampirkan berkas berupas :

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy KTP
    2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
    3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
    4. Pass photo terbaru

    Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,


    Nama Lengkap

    Surat Lamaran Kerja Profesional


    Surakarta,10 November 2018

    Hal : Lamaran Pekerjaan.

    Kepada Yth.

    Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)

    ………….

    Di

    Tempat

    Dengan hormat,

    Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini Perusahaan Bapak/Ibu Pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin. Dengan ini saya sangat tertarik dan berminat untuk ikut bergabung di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada jabatan : ………….

    Saat ini saya berusia …………. tahun dan sudah menyelesaikan Ujian …………. , …………. .



    Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini, baik dalam team maupun individual, dapat berkomunikasi dengan baik, jujur, bertanggung jawab dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal yang baru.

    Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:

    1 Surat lamaran Kerja :  ………….Lembar
    2 Daftar Riwayat Hidup (CV) :  ………….Lembar
    3 Photo copy Transkrip Nilai :  ………….Lembar
    4 Photo copy Surat Keterangan Tanda Lulus :  ………….Lembar
    5 Photo copy KTP :  ………….Lembar
    6 Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 :  ………….Lembar
    7 Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 :  ………….Lembar
    8 Photo copy Sertifikat :  ………….Lembar

    Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,


    Nama Pelamar

    Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD


    Jakarta, 8 Juli 2017

    Hal : Lamaran Pekerjaan

    Kepada Yth.,

    Manajer Sumber Daya Manusia

    PT. Gilland Ganesha

    Jl. Raya Kebon Durian No. 11

    Jakarta Timur

    Dengan hormat,

    Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 6 Juli 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.

    Data singkat saya, seperti berikut ini.

    Nama                                        : Yahya Agustina

    Tempat, Tanggal Lahir              : Cirebon, 16 April 1990

    Usia                                           : 21 tahun

    Pendidikan Terakhir                  : STMIK AMIKOM (S1)

    Alamat Asal                               : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon

    Domisili                                     : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon

    Telepon                                      : 08522703xxxxx

    Email                                         : darone_teater@gmail.com

    Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

    Daftar Riwayat Hidup.
    Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
    Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
    Pas foto terbaru.

    Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

    Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

    Hormat saya,



    Nama Pemohon


    Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang diharapkan berguna bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan.

    Download Contoh Undangan Tasyakuran Haji Terbaru - Haji berasal dari Bahasa Arab :  حج‎ (Hajj) adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah mengucap dua kalimat syahadat, shalat 5 waktu, mengeluarkan zakat dan puasa di bulan Ramadhan. Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.
    Download Contoh Undangan Tasyakuran Haji Terbaru
    Apabila seorang muslim menjalankan ibadah haji maka ia akan di beri gelar haji, haji adalah sebutan atau gelar untuk pria muslim yang telah berhasil menjalankan ibadah haji. Umum digunakan sebagai tambahan di depan nama dan sering disingkat dengan “H”. Dalam hal ini biasanya para Haji membubuhkan gelarnya dianggap oleh mayoritas masyarakat sebagai tauladan maupun contoh di daerah mereka. Bisa dikatakan sebagai guru atau panutan untuk memberikan contoh sikap secara lahiriah dan batiniah dalam segi Islam sehari-hari.
    Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ
    “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mengaku Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji dan berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16).
    Bagi yang ingin berangkat haji tentunya memerlukan undangan tasyakuran haji, pada kesempatan kali ini saya share model undangan haji yang versi simplenya mudah di edit dan print menggunakan ms word. Link downloadnya ada di bawah :

    • Undangan Haji Versi Ke 1
    • Undangan Haji Versi Ke 2
    • Undangan Haji Versi Ke 3

    Demikianlah Contoh Undangan Tasyakuran Haji Terbaru yang dapat saya bagikan semoga bermafaat.


    Surat Pernyataan Penghasilan atau Surat Keterangan Penghasilan dalam hal ini dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan, misalkan saja untuk mengajukan KPR di bank atau untuk mengajukan pinjaman dana di bank. Karena surat semacam ini masuk dalam kategori surat resmi, maka sudah barang tentu cara penulisannya harus lengkap sehingga Surat Pernyataan Penghasilan tersebut tidak dinilai cacat dari segi legalitas.

    Dalam membuat Surat Keterangan Pendapatan, ada beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:


    • Kop surat perusahaan  Kop surat ini menyatakan secara resmi bahwa seseorang bekerja pada perusahaan tersebut dan dapat dipertanggung jawabkan.
    • Terdapat nomor surat Nomor surat ini dicantumkan guna sebagai bukti bahwa perusahaan mengeluarkan surat ini scara resmi dan memiliki arsip surat yang dikeluarkan asli.
    • Diketahui oleh instansi pembuat surat Surat yang dikeluarkan oleh perusahaan harus melalui instansi yang bersangkutan, dalam hal ini manajer keuangan, atau bagian personalia perusahaan.
    • Menerangkan si peminta surat Peminta surat dituliskan dalam bagian surat untuk menerangkan bahwa yang bersangkutan merupakan karyawan atau bagian dari perusahaan yang sah.
    • Menerangkan jabatan, gaji dan tunjangan  Pembuat surat menerangkan jabatan atau posisi peminta surat, lama bekerja, gaji dan tunjangan yang diperoleh sesuai dengan keadaan sesungguhnya.
    Dan untuk memudahkan kalian dalam menulis Surat Pernyataan Keterangan Penghasilan, berikut ini beberapa referensi Surat Pernyataan Penghasilan Bulanan yang bisa Anda cermati.

    Contoh Surat Keterangan Penghasilan Yang Benar


    Berikut kumpulan contoh surat keterangan penghasilan resmi yang dapat Anda jadikan sebagai bahan perbandingan.

    Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Karyawan


    PT. SEGAR ALAM ABADI Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977 Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 HP. 09762467925 ======================================================
      SURAT PERNYATAAN Nomor  : 18/SKu/PSAB/X/16

    Yang bertanda tangan di bawah ini:
    Nama                                    : Jaya Wijaya Kusuma Jabatan                                : Direktur Utama PT. Segar Alam Abadi Alamat                                 : Jl. Teratai No.30 Bandung No. KTP/SIM                     : 3173082810780016 No. Telp/HP                      : 0849068392229
    Menyatakan dengan ini bahwa:
    Nama                                    : Mieska Kariniah Jabatan                                : Staff Administrasi Alamat                                 : Jl. Jaringan 3 No. 109 Bandung No. KTP/SIM                     : 3273145804956990 No. Telp/HP                      : 0897634560099
    Hingga saat ini tanggal 28 Oktober 2016, yang bersangkutan masih aktif bekerja pada perusahaan kami dengan penghasilan total per bulan adalah Rp. 3.500.000 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
    Demikian surat pernyataan penghasilan ini saya buat dengan sebenarnya, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Hormat Kami,
    Jaya Wijaya Kusuma Direktur Utama

    Contoh Surat keterangan penghasilan Karyawan



    PT. Dharma Steel Indonesia Jl. Woltermongisidi No. 77 Surabaya, Indonesia No. Telp xxxxxxxxx Fax xxxxxxxxxxx =====================================================
    Perihal   : Surat Keterangan Gaji No.        : 203/Juli/HRD/2017
    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
    Nama    : Marlina Utami Jabatan  : Manager Personalia
    Menerangkan dengan sebenarnya bahwa
    Nama     : Purnomo Agus Jabatan   : Staff Manajemen Administrasi
    Hingga saat ini tgl 31 Juli 2017 masih aktif bekerja dan perusahaan memberikan penghasilan dengan rincian sebagai berikut :
    Gaji pokok                      :  Rp. 2.000.000,- Tunjangan Makan           :  Rp.   600.000,- Tunjangan Perumahan   :  Rp.   500.000,- Tunjangan Transportasi  :  Rp.   300.000,-
    Sehingga total gaji yang diperolehnya ialah sebesar Rp. 3.400.000,-  ( tiga juta empat ratus ribu rupiah ).
    Demikian surat keterangan penghasilan ini, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
                                                                                                         Hormat Kami,
    Ttd
    Marlina Utami Manager Personalia

    Surat Pernyataan Penghasilan untuk Mendaftar Beasiswa



    SURAT PENGHASILAN ORANG TUA

    Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama                                    : Tono Utomo Tempat, Tanggal Lahir    : Bandung, 9 Desember 1960 No. KTP/SIM                     : 3273145804956990 Alamat                                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT.03 RW. 10 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Musik Kaler Kota Bandung
    Menyatakan bahwa penghasilan saya sebagai pedagang mainan keliling  per bulan adalah Rp, 1.500.000 (satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Surat Pernyataan ini dibuat untuk diberikan kepada pihak yang berwenang di sekolah guna melengkapi persyaratan administrasi pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Tingkat Sekolah Menengah untuk anak saya dengan identitas sebagai berikut:
    Nama                                    : Maria Restiani Tempat/Tanggal lahir       : Bandung, 3 Maret 1999 Jenis Kelamin                    : Perempuan Sekolah Asal                      : SMA Negeri 60 Kota Bandung
    Demikian surat pernyataan penghasilan ini saya buat. Semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Orang Tua Siswa
    Tono Utomo

    Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orangtua



    KELURAHAN ASAM MANIS KECAMATAN MUSIK KALER
    KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT Sekretariat. Jl.  Jeruk Manis No. 59  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925 ========================================================
    SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN ORANG TUA Nomor : 373/PO/KMK/X/2016
    Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama lengkap                    : Bambang Wihaya Jabatan                                : Lurah Asam Manis Kota Bandung
    Dengan ini menyatakan bahwa :
    Nama bapak                      : Sukma Andara Tempat, tanggal lahir      : Bandung, 6 Januari 1960 Usia                                       : 56 tahun Pekerjaan                           : Karyawan Swasta Alamat                        : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT.03 RW. 10 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Musik Kaler Kota Bandung
    Yang merupakan orang tua/ wali dari:
    Nama                                    : Maria Restiani Tempat/Tanggal lahir      : Bandung, 3 Maret 1999 Jenis Kelamin                    : Perempuan Sekolah Asal                      : SMA Negeri 60 Kota Bandung
    Saat ini, yang bersangkutan, selaku orang tua dari siswa yang namanya telah disebutkan diatas, memiliki penghasilan sekitar Rp. 6.000.000/ bulan, dari pekerjaanya yang merupakan Karyawan Swasta.
    Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan harap dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Lurah Asam Manis,
    DR. Bambang Wihaya, SE, MM NIP. 74663463476458

    Itulah beberapa referensi contoh surat keterangan penghasilan yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan dalam rangka untuk menulis surat keterangan penghasilan yang benar. Surat keterangan penghasilan ada banyak sekali macamnya. Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, ada juga surat keterangan penghasilan usaha sendiri, surat keterangan penghasilan rata-rata, dan sebagainya. #addcodemiddle{display: none;}
    Surat Pernyataan Penghasilan atau Surat Keterangan Penghasilan dalam hal ini dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan, misalkan saja untuk mengajukan KPR di bank atau untuk mengajukan pinjaman dana di bank. Karena surat semacam ini masuk dalam kategori surat resmi, maka sudah barang tentu cara penulisannya harus lengkap sehingga Surat Pernyataan Penghasilan tersebut tidak dinilai cacat dari segi legalitas.

    Dalam membuat Surat Keterangan Pendapatan, ada beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:


    • Kop surat perusahaan  Kop surat ini menyatakan secara resmi bahwa seseorang bekerja pada perusahaan tersebut dan dapat dipertanggung jawabkan.
    • Terdapat nomor surat Nomor surat ini dicantumkan guna sebagai bukti bahwa perusahaan mengeluarkan surat ini scara resmi dan memiliki arsip surat yang dikeluarkan asli.
    • Diketahui oleh instansi pembuat surat Surat yang dikeluarkan oleh perusahaan harus melalui instansi yang bersangkutan, dalam hal ini manajer keuangan, atau bagian personalia perusahaan.
    • Menerangkan si peminta surat Peminta surat dituliskan dalam bagian surat untuk menerangkan bahwa yang bersangkutan merupakan karyawan atau bagian dari perusahaan yang sah.
    • Menerangkan jabatan, gaji dan tunjangan  Pembuat surat menerangkan jabatan atau posisi peminta surat, lama bekerja, gaji dan tunjangan yang diperoleh sesuai dengan keadaan sesungguhnya.
    Dan untuk memudahkan kalian dalam menulis Surat Pernyataan Keterangan Penghasilan, berikut ini beberapa referensi Surat Pernyataan Penghasilan Bulanan yang bisa Anda cermati.

    Contoh Surat Keterangan Penghasilan Yang Benar


    Berikut kumpulan contoh surat keterangan penghasilan resmi yang dapat Anda jadikan sebagai bahan perbandingan.

    Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Karyawan


    PT. SEGAR ALAM ABADI Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977 Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 HP. 09762467925 ======================================================
      SURAT PERNYATAAN Nomor  : 18/SKu/PSAB/X/16

    Yang bertanda tangan di bawah ini:
    Nama                                    : Jaya Wijaya Kusuma Jabatan                                : Direktur Utama PT. Segar Alam Abadi Alamat                                 : Jl. Teratai No.30 Bandung No. KTP/SIM                     : 3173082810780016 No. Telp/HP                      : 0849068392229
    Menyatakan dengan ini bahwa:
    Nama                                    : Mieska Kariniah Jabatan                                : Staff Administrasi Alamat                                 : Jl. Jaringan 3 No. 109 Bandung No. KTP/SIM                     : 3273145804956990 No. Telp/HP                      : 0897634560099
    Hingga saat ini tanggal 28 Oktober 2016, yang bersangkutan masih aktif bekerja pada perusahaan kami dengan penghasilan total per bulan adalah Rp. 3.500.000 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
    Demikian surat pernyataan penghasilan ini saya buat dengan sebenarnya, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Hormat Kami,
    Jaya Wijaya Kusuma Direktur Utama

    Contoh Surat keterangan penghasilan Karyawan



    PT. Dharma Steel Indonesia Jl. Woltermongisidi No. 77 Surabaya, Indonesia No. Telp xxxxxxxxx Fax xxxxxxxxxxx =====================================================
    Perihal   : Surat Keterangan Gaji No.        : 203/Juli/HRD/2017
    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
    Nama    : Marlina Utami Jabatan  : Manager Personalia
    Menerangkan dengan sebenarnya bahwa
    Nama     : Purnomo Agus Jabatan   : Staff Manajemen Administrasi
    Hingga saat ini tgl 31 Juli 2017 masih aktif bekerja dan perusahaan memberikan penghasilan dengan rincian sebagai berikut :
    Gaji pokok                      :  Rp. 2.000.000,- Tunjangan Makan           :  Rp.   600.000,- Tunjangan Perumahan   :  Rp.   500.000,- Tunjangan Transportasi  :  Rp.   300.000,-
    Sehingga total gaji yang diperolehnya ialah sebesar Rp. 3.400.000,-  ( tiga juta empat ratus ribu rupiah ).
    Demikian surat keterangan penghasilan ini, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
                                                                                                         Hormat Kami,
    Ttd
    Marlina Utami Manager Personalia

    Surat Pernyataan Penghasilan untuk Mendaftar Beasiswa



    SURAT PENGHASILAN ORANG TUA

    Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama                                    : Tono Utomo Tempat, Tanggal Lahir    : Bandung, 9 Desember 1960 No. KTP/SIM                     : 3273145804956990 Alamat                                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT.03 RW. 10 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Musik Kaler Kota Bandung
    Menyatakan bahwa penghasilan saya sebagai pedagang mainan keliling  per bulan adalah Rp, 1.500.000 (satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Surat Pernyataan ini dibuat untuk diberikan kepada pihak yang berwenang di sekolah guna melengkapi persyaratan administrasi pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Tingkat Sekolah Menengah untuk anak saya dengan identitas sebagai berikut:
    Nama                                    : Maria Restiani Tempat/Tanggal lahir       : Bandung, 3 Maret 1999 Jenis Kelamin                    : Perempuan Sekolah Asal                      : SMA Negeri 60 Kota Bandung
    Demikian surat pernyataan penghasilan ini saya buat. Semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Orang Tua Siswa
    Tono Utomo

    Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orangtua



    KELURAHAN ASAM MANIS KECAMATAN MUSIK KALER
    KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT Sekretariat. Jl.  Jeruk Manis No. 59  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925 ========================================================
    SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN ORANG TUA Nomor : 373/PO/KMK/X/2016
    Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama lengkap                    : Bambang Wihaya Jabatan                                : Lurah Asam Manis Kota Bandung
    Dengan ini menyatakan bahwa :
    Nama bapak                      : Sukma Andara Tempat, tanggal lahir      : Bandung, 6 Januari 1960 Usia                                       : 56 tahun Pekerjaan                           : Karyawan Swasta Alamat                        : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT.03 RW. 10 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Musik Kaler Kota Bandung
    Yang merupakan orang tua/ wali dari:
    Nama                                    : Maria Restiani Tempat/Tanggal lahir      : Bandung, 3 Maret 1999 Jenis Kelamin                    : Perempuan Sekolah Asal                      : SMA Negeri 60 Kota Bandung
    Saat ini, yang bersangkutan, selaku orang tua dari siswa yang namanya telah disebutkan diatas, memiliki penghasilan sekitar Rp. 6.000.000/ bulan, dari pekerjaanya yang merupakan Karyawan Swasta.
    Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan harap dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
    Bandung, 28 Oktober 2016
    Lurah Asam Manis,
    DR. Bambang Wihaya, SE, MM NIP. 74663463476458

    Itulah beberapa referensi contoh surat keterangan penghasilan yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan dalam rangka untuk menulis surat keterangan penghasilan yang benar. Surat keterangan penghasilan ada banyak sekali macamnya. Selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, ada juga surat keterangan penghasilan usaha sendiri, surat keterangan penghasilan rata-rata, dan sebagainya. #addcodemiddle{display: none;}
    Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Menarik -Saat Anda tengah mencari pekerjaan, sudah pasti yang butuh buat saat melamar kerja yaitu surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah point perlu yang memastikan apakah Anda di terima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. Anda pasti mesti mempromosikan diri Anda dengan benar tanpa ada butuh dibuat-buat yang sudah pasti jadi nilai lebih untuk perusahaan yang juga akan terima kerja. Perusahaan makin selektif dalam pilih calon karyawan. Keinginannya pasti untuk memperoleh karyawan yang dapat menggerakkan pekerjaan perusahaan dengan baik. Pasalnya diantara demikian banyak pelamar juga sedikit yang penuhi kwalifikasi yang dikehendaki.

    Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Menarik Lengkap Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Menarik Lengkap
    Bekerja memanglah jadi satu tuntutan untuk tiap-tiap manusia, baik itu jadi karyawan atau entrepreneur. Pada intinya tujuan kita bekerja yaitu untuk penuhi tiap-tiap keperluan hidup yang kita butuhkan. Nah terutama untuk karyawan atau memanglah tertarik didunia itu, ada satu hal perlu yang perlu di lalui yakni lamaran kerja. Serta, satu diantara yang begitu perlu dalam sistem melamar kerja yaitu buat surat lamaran kerja. Maka dari itu, di artikel ini, kami akan memberi sebagian contoh surat lamaran kerja yang baik supaya lamaran anda di terima.
    Tiap-tiap orang yang juga akan melamar pekerjaan pastinya akan lewat yang namanya tes interview atau wawancara kerja. Biasanya, tes interview adalah tes yang paling memastikan sesudah tes psikotest. Waktu tes interview atau wawancara, memanglah waktu itu termasuk menegangkan buat orang yang pertama kalinya melamar pekerjaan. Hingga banyak banyak juga orang yang tidak berhasil lewat sistem tes ini. Karenanya saya juga akan memberi panduan supaya Anda dapat lulus tes interview atau wawancara. Simak supaya Anda lulus. Saya merekomendasikan sebelumnya Anda lakukan tes interview sebaiknya Anda mesti mencari tahu mengenai profil perusahaan itu.

    Setiap orang yang telah memasuki usia produktif pasti berkeinginan untuk memiliki sebuah pekerjaan tetap. Sebuah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, keinginan dan harapan serta bisa memberi penghasilan yang mencukupi. Selama proses mencari hingga mendapat sebuah pekerjaan yang diinginkan, banyak tahap yang harus anda lalui, mulai dari menentukan jenis dan tempat kerja, mengirimkan surat lamaran kerja, melakukan interview hingga akhirnya diterima bekerja. Salah satu tahap awal yang paling menentukan adalah membuat dan mengirimkan surat lamaran kerja. Berbagai contoh surat lamaran kerja banyak kita jumpai di buku-buku maupun di internet. Beragam contoh surat lamaran kerja yang bisa anda jadikan tolak ukur penulisan, namun pastikan contoh surat lamaran kerja tersebut sesuai aturan penulisan yang baik dan benar, seperti berikut ini:

    1. Pengertian Surat Lamaran Kerja

    Sebelum mulai membuat contoh surat lamaran kerja, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud surat lamaran kerja. Banyak definisi dari surat lamaran kerja, namun pada intinya surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang bersifat resmi atau surat dinas yang mana dibuat dan ditulis oleh seorang pelamar (pemohon) pekerjaan dan ditujukan kepada suatu perusahaan, intansi ataupun lembaga. Surat lamaran kerja biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan iklan atau lowongan kerja yang di informasikan suatu instansi/perusahaan, ataupun surat lamaran kerja yang dibuat berdasarkan inisiatif diri pelamar sendiri. Surat lamaran kerja umumnya ditulis dengan tangan, namun ada juga perusahaan yang memperbolehkan surat lamaran kerja diketik dengan komputer.
    2. Contoh Surat Lamaran Kerja Dan Bagian-Bagiannya
    • Kepala Surat: heading atau kepala surat adalah bagian yang terletak paling atas atau awal dan berisikan informasi tentang si pelamar pekerjaan. Kepala surat biasanya terdiri dari nama lengkap dan gelar, alamat lengkap, no. telepon rumah atau handphone, dan email dari pelamar pekerjaan. Kepala surat umumnya terletak di sebelah kanan kertas.
    • Tanggal Dan Waktu Pembuatan Surat: setiap contoh surat lamaran kerja harus mencantumkan tanggal dan waktu pembuatan. Dalam tata Bahasa Indoneisa, urutan penulisan tanggal yang benar adalah heri, bulan, dan tahun (misal 1 November 2017). Sementara dalam tata urutan penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris adalah bulan, hari, dan tahun. Antara hari dan tahun, diselipkan tanda baca koma (,) (misal December 1, 2017).
    • Pihak Yang Dituju: hal penting dalam penulisan informasi pihak yang dituju adalah sebisa mungkin ditulis dengan lengkap dan spesifik. Jangan menulis surat lamaran kerja yang ditujukan kepada pihak yang terlalu umum. Sebelum menulis surat lamaran kerja, anda harus tahu terlebih dahulu nama orang serta jabatan dari pihak yang dituju. Anda bisa mencari informasinya melalui internet ataupun menelepon langsung pada perusahaan terkait. Dalam bagian ini biasanya terdiri dari nama lengkap orang yang dituju serta divisinya, serta nama dan alamat perusahaan yang dituju. Ditulis dalam bentuk lurus (block format) dan terletak disebelah kiri).
    • Salam Pembuka: salam pembuka umunya terdapat dalam segala jenis surat, baik formal maupun non-formal. Penulisan salam pembuka dalam jenis surat formal adalah “Dengan hormat” ataupun “Dear Sir/Madam” dalam contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.
    • Tubuh Surat: tubuh surat terdiri dari empat paragraph. Pada paragraph pertama, anda menuliskan posisi pekerjaan yang anda inginkan serta informasi tentang dari mana anda mengetahui lowongan pekerjaan tersebut. Pada paragraph kedua dan ketiga, anda harus menjelaskan alasan anda menginginkan pekerjaan tersebut. Tuliskan pula kemampuan dan kelebihan anda. Serta alasan mengapa anda layak untuk dipilih/diterima oleh perusahaan. pada paragfar keempat, tuliskan rasa terima kasih anda kepada pembaca atau pihak yang dituju serta harapan anda tentang surat lamaran kerja tersebut agar dipertimbangkan dan diterima.
    • Salam Penutup: sebagaimana pada bagian awal terdapat salam pembuka, pada akhir surat juga harus dilengkapi salam penutup. Salam penutup biasanya berupa “hormat saya” atau “Sincerely” dalam contoh surat lamaran kerja berbahasa Inggris.
    • Tanda Tangan Dan Nama Terang Pelamar Pekerjaan: pada bagian ini anda menuliskan tanda tangan asli serta nama lengkap anda dengan jelas.

    Contoh Surat Lamaran Kerja


    Bandung, 02 Mei 2017

    Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD
    PT. Jaya Raya,
    Jln. Ahmad Yani No. 71
    Bandung

    Dengan hormat,

    Saya yang brtanda tangan di bawah ini:

    Nama : Andrian Danu
    Alamat : Jln. Mawar berduri No. 99 Ciwidey, Bandung
    Tempat/Tgl. Lahir : Bandung, 12 Juli 1992
    Pendidikan terakhir : S1 Ekonomi Managemen
    Telepon : 089648871048

    Bersama dengan surat ini, saya bermaksud untuk menagajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun posisi yang saya maksudkan adalah sebagai seorang Marketing.

    Sebelumnya, saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di kota Malang. Maka dengan surat lamaran ini saya siap untuk memberikan kontribusi tenaga dan waktu saya untuk bersama membangun perusahaan. Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberi kesempatan wawancara ataupun menjalani tes lainnya kepada saya.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas berikut:
    1. Daftar riwayat hidup;
    2. Fotocopy ijazah;
    3. Fotocopy sertifikat;
    4. Fotocopy KTP;
    5. Fotocopy transkip nilai;
    6. Pas foto berwarna ukuran 3x4 2 lembar

    Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan banyak terimakasih.

    Hormat saya,

    1. Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔


    Berikut adalah Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah contoh surat kerja yang baik dan benar.

    Banda Aceh, 13 April 2018
    Kepada Pimpinan / HRD Serambi Pekan Bada Jalan Lama Ateuk Siat Kec. Lambada Lama, Banda Aceh
    Perihal : Lamaran Menjadi Wartawati Redaksi
    Dengan hormat,
    Berdasarkan Informasi yang saya peroleh dari Website info Lowongan Kerja pada tanggal 12 April 2018, Saya bermaksud mengajukan diri sebagai tenaga Wartawati Redaksi pada Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang bertandatangan di bawah ini:
    Nama : Risma Wati Tempat, Tanggal lahir : Banda Aceh, 22 Maret 1994 Usia : 25 tahun Pendidikan Terakhir : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Pendidikan Bahasa Arab University of Ar-Raniry Alamat : Jl. Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Banda Aceh Telepon : 082274548890 Email : rismawaati@yahoo.co.id
    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
    1. Foto copy KTP 2. Pas foto 3×4 (dua lembar) 3. Daftar Riwayat Hidup 4. Foto copy ijazah terakhir 5. Sertifikat Pelatihan
    Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima diInstansi yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
    Banda Aceh, 12 April 2018 Hormat Saya,
    Risma Wati

    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔

    2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

    Berikut adalah Contoh surat lamaran kerja umum yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah contoh surat kerja umum.
    Banda Aceh, 13 April 2018 Hal : Lamaran Pekerjaan Kepada Yth.
    Project Administrision
    PT. Rekadaya Elektrika
    Jalan Tanjung Karang No.3-4
    Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230 Dengan Hormat, Berdasarkan informasi yang saya baca di situs lowongan kerja neuvoo pada tanggal 12 April 2018 bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan kerja. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin sebagai inspektor Non Destructive Test (NDT). Berikut ini adalah data singkat saya:
    Nama : Risma Wati Tempat, Tanggal lahir : Banda Aceh, 22 Maret 1994 Usia : 25 tahun Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Pendidikan Bahasa Arab University of Ar-Raniry Alamat : Jl. Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Banda Aceh Telepon : 082274548890 Email : rismawaati@yahoo.co.id

    Saya memiliki keahlian NDT Level II untuk metode magnetic particle testing dan penetrant testing. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
    • Curriculum Vitae (1 lembar).
    • Foto copy Transkrip Nilai (1 lembar).
    • Surat keterangan pelatihan Non Destructive Test Level II (1 lembar).
    Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.
    Hormat saya,
    (Risma Wati) →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔


    3. Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

    Berikut adalah Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah contoh surat kerja dalam bahasa inggris.


    Banda Aceh, 13 April 2018
    Attention To : Project Administrision
    PT. Rekadaya Elektrika
    Jalan Tanjung Karang No.3-4
    Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230


    Dear Sir/Madam,
    I have read your at Tribun Jogja and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering. My name is Rismawati, I am twenty Five years old. I am a fresh graduated from University of Ar-Raniry on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written. With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

    Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
    Academic Transcript
    Curriculum Vitae
    Recent photograph with size of 4×6
    I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

    Sincerely,


    Rismawati

    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔


    4. Contoh Surat Lamaran Via Email

    Berikut adalah Contoh surat lamaran via email dalam bahasa inggris yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah contoh surat lamaran via via email.
    To : recruitment.hrd@neuvoo.com
    Cc : president@neuvoo.com
    Subject : Project Developer

    Dengan hormat,
    Sesuai dengan informasi yang saya baca di situs lowngan kerja , bahwa Neuvo Inc sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Devaloper, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama : Risma Wati Tempat, Tanggal lahir : Banda Aceh, 22 Maret 1994 Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Pendidikan Bahasa Arab University of Ar-Raniry Alamat : Jl. Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Banda Aceh Telepon : 082274548890
    Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

    Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kedalam bentuk attachment yang bisa di unduh.

    Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

    Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

    Hormat saya,

    Risma Wati

    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔

    5. Contoh Surat Lamaran Dosen


    Berikut adalah Contoh surat lamaran Dosen yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah Contoh surat lamaran Dosen.

    NO : -                                                                                                     YOGYAKARTA, 31 JULI 2015
    LAMP : 1 (SATU) BENDEL
    HAL : LAMARAN PEKERJAAN


    YTH. REKTOR UNIVERSITAS………………………….
    CQ. BIDANG PENGEMBANGAN SDM
    JL.RAYA………………………………………………………………..


    DENGAN HORMAT,


    YANG BERTANDA TANGAN DI BAWAH INI SAYA :
    • NAMA : RONI HARTONO
    • TEMPAT/TANGGAL LAHIR : ………….., 06 MEI 1987
    • PENDIDIKAN TERAKHIR : S2
    • JURUSAN : ……………………………………………
    • AGAMA : ISLAM
    • ALAMAT : JL…….., KEL……., KEC………., KAB……., PROV…….


    DENGAN INI MENGAJUKAN PERMOHONAN KEPADA BAPAK UNTUK DAPAT DITERIMA SEBAGAI TENAGA DOSEN PADA UNIVERSITAS YANG BAPAK PIMPIN.

    SEBAGAI BAHAN KELENGKAPAN BERSAMA INI SAYA LAMPIRKAN :

    • FOTO COPY IJAZAH S1 BESERTA TRANSKRIP AKADEMIKNYA YANG TELAH DISAHKAN OLEH PEJABAT YANG BERWENANG;
    • FOTO COPY IJAZAH S2 BESERTA TRANSKRIP AKADEMIKNYA YANG TELAH DISAHKAN OLEH PEJABAT YANG BERWENANG;
    • SURAT PERNYATAAN A) TIDAK PERNAH DIHUKUM PENJARA ATAU KURUNGAN BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN YANG TELAH MEMPUNYAI KEKUATAN HUKUM YANG TETAP, KARENA MELAKUKAN SESUATU TINDAK PIDANA KEJAHATAN; B) TIDAK PERNAH “DIBERHENTIKAN DENGAN HORMAT TIDAK ATAS PERMINTAAN SENDIRI” ATAU “TIDAK DENGAN HORMAT” SEBAGAI PEGAWAI NEGERI, ATAU “DIBERHENTIKAN TIDAK DENGAN HORMAT” SEBAGAI PEGAWAI SWASTA; C) TIDAK MENJADI PENGURUS DAN/ATAU ANGGOTA PARTAI POLITIK; D) TIDAK SEDANG TERIKAT BEKERJA DI INSTANSI LAIN; E) TIDAK MEMPUNYAI NOMOR UNIK PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (NUPTK);
    • DAFTAR RIWAYAT HIDUP;
    • PAS FOTO HITAM PUTIH UKURAN 3 X 4 CM SEBANYAK 3 (TIGA) LEMBAR
    • FOTOKOPI KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)
    • FOTOKOPI AKTA KELAHIRAN
    • FOTOKOPI KARTU KELUARGA (KK)
    • FOTOKOPI SERTIFIKAT-SERTIFIKAT KEGIATAN YANG PERNAH DIIKUTI.

    DEMIKIAN SURAT LAMARAN INI SAYA AJUKAN UNTUK SELANJUTNYA DAPAT DIPROSES SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU, ATAS PERHATIAN BAPAK SAYA SAMPAIKAN TERIMA KASIH.


                                                                                                        HORMAT SAYA
                                                                                                           PEMOHON,




                                                                                                       RONI HARTONO
    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔

    6. Contoh Surat Lamaran Kerja Bank

    Berikut adalah Contoh surat lamaran Kerja Bank yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah Contoh surat lamaran kerja Bank.

    Kepada YTH
    HRD BANK INDONESIA
    Cabang Medan
    Jalan Tanjung Karang No.3-4
    Medan

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di Bank Indonesia bagian Customer Service, maka dengan ini saya:

    Nama :
    Tempat/Tgl. Lahir :
    Alamat :
    No. Hp :
    Status :
    Pendidikan Terakhir :

    Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

    Curriculum Vitae
    Foto copy ijazah S-1 (legalisir)
    Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
    Foto copy KTP
    Pass photo terbaru

    Demikianlah surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan tentunya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Indonesia ini.
    Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

    Hormat saya,


    Pemohon
    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔


    7. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

    Berikut adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang bisa mungkin anda gunakan, sebelum ada membuat surat ada baiknya anda melihat persyaratan yang dibuat oleh sebuah perusahaan atau tempat anda ingin melamar sebuah pekerjaan jangan sampai anda melewatkan dan melupakan syarat yang telah dibuat. Dibawah ini adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate.
    Banda Aceh, 22 April 2018

    Hal : Lamaran Pekerjaan

    Kepada:
    Bapak/Ibu Staff Personalia
    PT. Sejahtera
    Jalan Tanjung Karang No.3-4

    Dengan hormat,
    Berdasarkan informasi lowongan kerja yang bersumber dari harian Serambi Aceh tanggal 12 Desember 2016, bahwa PT. Mulia Jaya sedang membutuhkan karyawan baru untuk posisi Administrasi, untuk itu saya ingin mengajukan diri mengisi posisi lowongan pekerjaan tersebut.

    Berikut data diri singkat saya:

    Nama : Risma Wati Tempat, Tanggal lahir : Banda Aceh, 22 Maret 1994 Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Pendidikan Bahasa Arab University of Ar-Raniry Alamat : Jl. Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Banda Aceh Telepon : 082274548890
    Saya lulusan baru dari University of Ar-Raniry Medan di bidang Administrasi Perkantoran dengan IPK 3.70. Saya sudah terbiasa bekerja dengan komputer, senang bekerja mandiri maupun tim, memperhatikan penampilan dan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan dan saya yakin bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan.

    Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

    1. Foto copy Ijazah D3
    2. Foto copy Transkrip Nilai
    3. Foto copy KTP
    4. Foto copy SKCK
    5. Foto copy Sertifikat Kursus
    6. Pas Foto Terbaru
    7. Daftar Riwayat Hidup

    Demikianlah surat permohonan ini saya ajukan dengan harapan dapat terkabul hendaknya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,

    Risma Wati
    →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔ →→→→→→→→→→→→→→→→→↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔↔

    Demikian potingan kali ini tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, contoh surat lamaran kerja umum, contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris, contoh surat lamaran via email beserta lampirannya ,contoh surat lamaran dosen, contoh surat lamaran kerja bank, contoh surat lamaran kerja fresh graduate  yang baik serta menarik. semoga sukses selalu untuk anda.

    Berlangganan update artikel terbaru via email:


    Dikesempatan posting artikel contoh surat kali ini, saya akan mengulas mengenai contoh surat lampiran proposal. Seperti diketahui, dalam melayangkan sebuah proposal, segala sesuatunya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar proposal tersebut mendapat tanggapan yang positif dari pihak yang dituju.

    Cara Membuat Surat Lampiran Proposal


    Untuk Anda jadikan sebagai bahan perbandingan, berikut ini saya share contoh surat lampiran proposal yang benar.

    Contoh Surat Proposal Permohonan


    Magelang, 27 Agusus 2014

    Nomor                       :21/Pan.LKMM /BEM F.Psi/VIII/2014
    Lampiran      :  -
    Perihal           : Permohonan Peminjaman Barang


    Kepada Yth,
    Kepala BAU
    Universitas ................. Magelang
    di Magelang

    Dengan hormat,

    Sehubungan akan diadakan acara LKMM ( Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa) oleh BEM Fakultas Psikologi UMK, yang akan diselenggarakan pada:

    hari                 : Jum’at- Minggu
    tanggal                       : 24-26 Oktober 2014
    jam                  : 09.00- selesai
    tempat                        : Desa Wonosoco Kecamatan Undaan Kabupaten Magelang

    Kami sebagai panitia penyelenggara bermaksud meminjam :


    1. Bendera Merah Putih                   
    2. Bendera UMK
    3. Sound wireless beserta microphone


    Untuk acara tersebut. Demikian surat permohonan ini kami haturkan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


    Ketua Panitia,                                                                      Sekretaris,



    Satria Aji K.N                                                                    A. Munir Rahman
    NIM.2012.60.012                                                                  NIM.2013.60.006

    Mengetahui,

    Dekan Fakultas Psikologi .............,                                     Presiden BEM Psikologi ............,
                                                                                                           




    Bagus Cahyo, S.Psi, M. Si                                           Johar Budiman.
    NIS. 0610701000001198                                                   NIM. 2012.60.040


    Contoh surat pengantar proposal



    PONDOK PESANTREN A-IKHLAS Jl. Raya Babakan. No.20. Kec. Sukamaju. Kab. Bogor ===========================================

                                                                                     Bogor,___ ____2018
    Nomor:-                                                                    Kepada: Yth
    Lampiran:-                                                                 Bapak/ Ibu/Saudara/i
    Prihal: Permohonan Bantuan Dana                              Ditempat
    Kegiatan Tabligh Akbar


    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia serta nikmatNya yang tidak terhingga, Sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW agar kita mendapat syafaatnya di hari akhir nanti. Amin.

    Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kami selaku kepemudaan dan santri pengurus Pondok Pesantren Al-Ikhlas akan mengadakan kegiatan Tabligh Akbar yang akan di isi oleh Mubaligh__________________ dengan tema________________.. Acara tersebut rencananya akan diselenggarakan pada:

    Hari / Tanggal:
    Tempat:
    Waktu:

    Acara tersebut sebagai salah satu upaya Syi'ar Agama Islam yang manfaatnya serta pahalanya InsyaAllah sangat besar. Agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar, sekiranya Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan untuk ikut serta mensukseskannya dengan menyumbangkan sedikit hartanya, karena saat ini kami masih membutuhkan dana sebagai operasional kegiatan baik sebelum kegiatan maupun pada saat kegiatan berjalan.

    Demikian surat permohonan bantuan dana ini kami sampaikan agar menjadi maklum, atas perhatian, dukungan serta bantuannya kami ucapkan banyak terimakasih. Semoga Allah SWT melipat gandakan ganjaran serta rejekinya kepada Bapak/Ibu/Saudara/i, Amin.

    Wassalamualaikum, Wr.Wb.

    PANITIA KEGIATAN TABLIGH AKBAR

    Ketua Panitia                                                              Sekretaris




    ____________                                                         ___________


    Demikian tadi contoh surat lampiran pengantar proposal yang dapat saya posting dikesempatan kali ini, semoga referensi ini berguna bagi sahabat pembaca diluar sana.

    #addcodemiddle{display: none;}

    Berita acara serah terima barang merupakan salah satu dokumen penyerahan barang yang cukup penting. Surat ini sebaiknya segera dibubuhkan tanda tangan saat ada prosesi penyerahan suatu barang dari satu pihak ke pihak lain.

    Sehingga bila suatu saat terjadi perselisihan maka berita acara tersebut dapat dijadikan alat pembuktian penyerahan barang. Dokumen ini memang tampak sederhana, Namun tidaklah sesederhana masalah yang ditimbulkannya dikemudian hari.

    Jadi jangan ragu untuk membuat berita acara serah terima barang bila terjadi pemindahan barang. Apabila tidak terlalu paham format dan susunan kalimatnya, Berikut ada beberapa contoh surat berita acara serah terima barang yang dapat dijadikan pedoman :
    contoh surat berita acara serah terima barang                                             Contoh Surat Berita Acara Serah Terima Barang

     

    Berita Acara Serah Terima Barang Umum

    BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG

    Kami yang bertanda tangan dibawah ini,  Pada hari ini ........Tanggal ..... Bulan ............. Tahun ......
    Nama                    : ___________________________________
    Jabatan                 : ___________________________________
    Alamat                   : ___________________________________
    Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

    Nama                    : ___________________________________
    Jabatan                 : ___________________________________
    Alamat                   : ___________________________________
    Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

    PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir :

    No. Nama Barang Jumlah 1 Laptop Toshiba Satellite C600 1 Unit

    Demikianlah berita acara serah terima barang ini di perbuat oleh kedua belah pihak, adapun barang-barang tersebut dalam keadaan baik dan cukup, sejak penandatanganan berita acara ini, maka barang tersebut, menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memlihara / merawat dengan baik serta dipergunakan untuk keperluan (tempat dimana barang itu dibutuhkan).
                  Yang Menyerahkan :                                                           Yang Menerima :
                   PIHAK PERTAMA                                                                PIHAK KEDUA



                   (………………………..)                                                 (………………………..)                     


    artikel lainnya : Contoh Surat Penawaran Barang, Produk, Jasa Terbaru

     

    Berita Acara Serah Terima Barang Inventaris

            BERITA ACARA SERAH TERIMA                                       PT. Sukses Selalu Sejahtera

    Dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pejabat PT.Sukses Selalu Sejahtera, Maka pada hari ini Senin tanggal 3 April 2017 telah diserahterimakan inventaris perangkat komputer milik perusahaan, dengan data sebagai berikut :

    Jenis perangkat      : Laptop
    Merk, Type             : Toshiba Satellite C650
    SN / Asset Code     : STU8998312/BCK-2591
    Kondisi                   : Baru
    Spesifikasi              : Dua Core 2.0, 14", 250GB, 2GB, Windows 10

    Kepada,

    Nama Lengkap        : Prambudi Kaya Tampan
    N.I.K                        : 7782
    Divisi                       : IT
    Jabatan                    : Staff IT

    Setelah pengecekan dilakukan, perangkat tersebut dalam kondisi utuh / baru dan dapat berfungsi serta dipergunakan sebagaimana mestinya, sehingga karyawan bersangkutan menyetujui dan mengesahkan pernyataan di bawah ini : _____________________________________________________________________________
    Surat Peryataan Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya telah menerima perangkat inventaris sesuai dengan data dalam surat ini maupun lampirannya. Selanjutnya terhadap perangkat inventaris yang telah saya terima tersebut, saya bersedia dan berjanji untuk : 

    1. Merawat (menjaga kebersihan, keutuhan dan keamanan) perangkat inventaris tersebut sebaik mungkin.

    2. Menanggung biaya perbaikan dan atau penggantian spare part maupun penggantian keseluruhan, apabila terjadi kerusakan atau kehilangan perangkat terseubt yang diakibatkan oleh pihak lain maupun kecerobohan atau ketidakhati-hatian saya.


    3. Menpergunakan perangkat tersebut dengan cara yang benar, hanya untuk kepentingan dan kelancaran tugas dantanggung jawab kerja saya di PT. Sukses Selalu Sejahtera.


    4. Mengembalikan dan menyerahkan secara langsung perangkat terseubt kebagian IT dengan utuh dan masih dapat dipergunakan dengan semestinya baik pada saat saya putus hubungan kerja apapun alasannya, atau apabila menghendaki agar saya mengembalikan perangkat tersebut.

    Demikian pernyataan saya tanda tangani sebagai bukti persetujuan dan janji saya bagi pihak-pihak yang berwenang serta berkepentingan, khususnya berkaitan dengan perangkat inventaris yang telah saya terima dan saya pinjam dari PT. Sukses Selalu Sejahtera.

    _____________________________________________________________________________

    Dicek dan diserahterimakan bersama di jakarta,

           Disetujui & disyahkan oleh,              Diserahkan oleh,        Saya yang menerima & menyatakan

                   Kasno Tambun                           Bambang Tri                    Prambudi Kaya Tampan


    Yang satu ini jangan terlewatkan lohh  : 5 Contoh Surat Pernyataan Kerja untuk Referensi

    Berita Acara Serah Terima Barang ( Jual Beli )

    BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG
    Berita Acara Serah Terima Barang ini dibuat di ___________ pada hari ini, ______ tanggal __ _____ oleh :
    1. Nama                          :
        Tempat/Tanggal Lahir  :
        Alamat                         : 
        No. KTP                      :
    Selanjutnya dalam Berita Acara ini disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”

    2. Nama                          :
        Tempat/Tanggal Lahir  :
        Alamat                         :
        No. KTP                      :
    Selanjutnya dalam Berita Acara ini disebut sebagai “PIHAK KEDUA”

    PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para Pihak”. Para Pihak dengan ini menerangkan hal-hal sebagai berikut:
    (1)Bahwa, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah mengadakan suatu hubungan kerjasama jual beli barang berdasarkan Perjanjian ___________ Nomor __________ tanggal ______________
    (2)Bahwa, Perjanjian tersebut telah menempatkan PIHAK PERTAMA sebagai “Penjual” dan PIHAK KEDUA sebagai “Pembeli”.

    (3)Bahwa, Perjanjian tersebut telah mewajibkan PIHAK PERTAMA sebagai Penjual untuk menyerahkan kepada PIHAK KEDUA sebagai Pembeli, sebuah Barang berupa _________________ dengan spesifikasi sebagai berikut:
    Merek                    : _____________________________
    Jenis                      : _____________________________
    Tipe                       : _____________________________
    Nomor                   : _____________________________
    Jumlah                   : _____________________________

    (4)Bahwa, PIHAK PERTAMA dengan ini menyerahkan Barang kepada PIHAK KEDUA sebagaimana PIHAK KEDUA dengan ini menerima Barang tersebut dari PIHAK PERTAMA.
    (5)Bahwa, dengan telah dilakukannya serah terima Barang tersebut sebagaimana dimaksud Butir (4), makadengandemikiankewajiban PIHAK PERTAMA sebagai Penjual untuk menyerahkan Barang kepada PIHAK KEDUA dan hak PIHAK KEDUA sebagai Pembeli untuk menerima Barang tersebut dari PIHAK PERTAMA berdasarkan Perjanjian telah dilaksanakan.
    (6)Bahwa, Berita Acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Perjanjian dan sekaligus sebagai Tanda Terima Barang diantara Para Pihak, sehingga oleh karenanya merupakan suatu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian.
    Demikain Berita Acara ini dibuat pada waktu sebagaimana telah disebutkan pada bagian awal Berita Acara ini.                                                                   Para Pihak,
                PIHAK PERTAMA,                                                            PIHAK KEDUA,
      (sumber : legalakses.com)             
    Yang ini jangan terlewatkan : Contoh Surat Pemberitahuan Secara Resmi

    Nah, itulah 3 contoh surat berita acara serah terima barang. Tentunya masih banyak model yang lain, Namun pada intinya hampir sama. Semoga dapat memberikan manfaat.


    WhatsApp!

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : ! Cara Menulis Surat Lamaran Kerja +Plus Infonya

    0 comments:

    Posting Komentar