Kumpulan Surat Resmi Dan Non Resmi Lengkap Dengan Contoh Terbarunya

Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Surat menyurat merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap individu atau sebuah instalasi, baik itu bergerak dalam bidang faktory atau jasa. Sebab dengan adanya surat menyurat semua kebutuhan akan administrasi akan terpenuhi dan bisa di bilang semala , ada beradaban manusia mungkin konsep surat menyurat akan selalu dibutuhkan. Terlepas adanya teknologi secanggih apapun pasti membutuhkan pendukung fisiknya nya baik itu berupa surata atau sejenisnya.

Dan untuk memperoleh konsep surat yang rapi , serta tetap sasaran dibutuhkan gaya bahasa yang baik supaya orang mudah dalam memahaminya. Adapun kosep ini biasanya harus mengikuti tata bahasa yang berlaku. Dalam hal ini EYD Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. Sebab jika konsep pemahamannya banyak mengandung multi tafsir maka, khawatir orang yang membacanya akan mengalami keseusahan dalam memahaminya.

Dan jangan lupa pula selamu menggunakan bahsa yang sopan , tidak mengandung unsur sara atau unsur yang bisa menyinggung orang atau lembaga yang dituju. Usahakan selalu diawali dengan penghormatan baik itu trimakasih atau sejenisnya. Karena dalam surat menyurat juga memerlukan adab atau sopan santun, supaya orang yang membacanya merasa nyaman dan enak.

Dan adapun contoh Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap adalah sebagai berikut:

    Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar – Selamat pagi sahabat surat semuanya, bagaimana puasanya masih lancar? Hehe semoga seluruh amalan ibadah kita dibulan yang penuh berkah ini memberikan kita energi positif sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, pikiran serta hati kita.

    Pada kesempatan yang sebelumnya, Dewa-surat telah mengajak sahabat sahabat semua untuk mengulas tentang salah satu contoh surat yang sering digunakan ketika moment lebaran yaitu tentang Contoh Surat Pengajuan THR. Nah pada kesempatan kali ini Dewa-surat juga akan memberikan informasi contoh surat yang juga masih berkaitan dengan surat pengajuan THR. Karena biasanya surat ini dibutuhkan ketika THR telah turun dan seorang pegawai atau karyawan ingin memutuskan Mengundurkan diri dari perusahaan ataupun telah habis kontrak kerjanya.

    Perlu sahabat surat ketahui bahwa ketika kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan ataupun kontrak kerja kita telah habis, maka tidak seluruhnya langkah kita mencari pekerjaan baru harus dimulai dari nol. Karena pihak perusahaan yang telah lama kita tempati untuk bekerja juga akan memberikan sedikit bantuan kepada kita dalam menemukan pekerjaan yang baru, tentunya apabila kita resign atau telah melayangkan Surat Pengunduran Diri dengan baik baik.

    Nah surat dari perusahaan ataupun instansi pemerintah tempat sahabat sahabat bekerja sebelumnya yang dapat membantu langkah sahabat surat dalam menemukan dan mendapatkan pekerjaan adalah surat pengalaman kerja atau yang sering disebut contoh surat referensi kerja. Yang tentunya tidak semua pegawai atau karyawan dapat memiliki surat ini ketika resign dari perusahaan tergantung prestasi yang sahabat miliki. Surat Pengalaman Kerja merupakan sebuah surat pernyataan yang bersifat formal, resmi dan dikeluarkan dari atau oleh sebuah instansi pemerintahan ataupun perusahaan untuk memeberikan keterangan bahwa seseorang yang tercantum dalam surat pengalaman kerja tesebut memang pernah bekerja pada instansi atau perusahaan. Surat pengalaman kerja ini dapat dijadikan bukti oleh karyawan perusahaan untuk mencari pekerjaan yang coco dan sesuai dengan dirinya. Surat ini juga memberikan bukti bahwa karyawan tersebut memang benar benar pernah memiliki pengalaman kerja yang dapat dijadikan pertimbangan perusahaan atau instansi pemerintah dimana karyawan tadi melamar kerja.

    Dalam penulisan atau isi dari surat pengalaman kerja ini sendiri ada beberapa format paten yang harus ada tanpa terkecuali surat pengalaman kerja guru, surat pengalaman kerja bidan, contoh surat pengalaman kerja administrasi, maupun contoh surat keterangan kerja lainnya. Nah yang harus ada dalam penulisan surat pengalaman kerja adalah:

    1. KOP Surat (Perusahaan atau Instansi)
    2. Perihal Surat
    3. Nomor Surat
    4. Pembuat Surat (biasanya bagian HRD, biasanya disebutkan secara lengkap pangkat dan golongannya)
    5. Maksud Penulisan Surat
    6. Nama Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
    7. Biodata Lengkap Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
    8. Keterangan yang Membenarkan Bahwa Pegawai Tertulis diatas Memang Pernah Bekerja pada Perusahaan Terkait.
    9. Keterangan yang Menunjukkan Bahwa Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan memiliki loyalitas dan Prestasi untuk Perusahaan atau Instansi Pemerintah sebelumnya.
    10. Penutup
    11. Tanggal dibuatnya Surat Pengalaman Kerja, Tanda Tangan dan Nama Terang Pembuat Surat.

    Perlu sahabat sahabat surat semua ketahui bahwa ada beberapa perusahaan atau Instansi Pemerintah ketika membuka lowongan kerja menetapkan syarat syarat tertentu seperti surat pengalaman kerja ataupun yang lain. Hal inilah menjadi fungsi utama dibuatnya surat pengalaman kerja untuk karyawan/ pegawai yang keluar dari perusahaan atau instansi pemeritah karena memang dalam surat pengalaman kerja akan memuat tentang promosi diri karyawan yaitu tentang loyalitas dan prestasi yang pernah dicapai ketika bekerja, kelebihan atau potensi yang dimiliki oleh karyawan/ pegawai. Nah karena surat pengalaman kerja ini termasuk dalam salah satu Contoh Surat Resmi, maka usahakan dalam pembuatan surat pengalaman kerja harus menggunakan kosa kata dan bahasa yang baik dan benar serta formal.

    Untuk sahabat surat yang masih bingung dengan penampakan surat pengalaman kerja yang sudah coba kita bedah diatas, yuk langsung saja sahabat surat simak dibawah ini tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja.

    PT. NANG CEPET GEDE

    Alamat : Jln. Perdagangan Komp. Bumi Indah Lestari II, Rengel, Tuban-Jawa Timur

    Telpon : (0322) 312424 – e-mail : klamutanyuk@gmail.com

    =======================================================================

    SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

    Nomor :  ……/PLA-Kalsel/C/20….

    Yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama                            : Nofan Rambu Anarki

    NIP                               : 20122344321994

    Pangkat/Gol                  : Manager

    Jabatan                        : Kepala Divisi Pergudangan

    Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

    Nama                            : Rooney Yan Uwar

    Tempat/Tgl Lahir           : Klaten, 30 Mei 1990

    Alamat                          : Jln. In dulu saja

    Benar telah bekerja pada PT. Nang Cepet Gede yang kami pimpin terhitung sejak 16 Februari 2015 sampai dengan 13 Juni 2017, dengan jabatan terakhir Staff Admin Delivery

    Selama menjadi karyawan kami, saudar Rooney telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap instansi, dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan instansi.

    Demikian surat keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

    Tuban, 19 Juni 2017

    Kepala Gudang

    Nofan Rambu Anarki

    Untuk Sahabat Surat yang masih bingung dengan Format Penulisan ataupun Contoh Surat diatas, silahkan sahabat download Contoh Surat Pengalaman Doc

    Demikian ulasan tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja, semoga setelah membaca ulasan diatas wawasan serta pengetahuan sahabat surat sekalian bisa bertambah, akhir kata terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat, semoga bermanfaat.

     

    • contoh surat disposisi perusahaan
    • surat izin cuti polisi
    • surat lamaran perangkat desa yang benar
    • surat pengunduran diri bumdes
    • surat permohonan kerja di kantor camat
    • contoh surat pengalaman kerja bidan di klinik
    • surat lamaran kerja menjadi chef dalam bahasa inggris dan artinya
    • contoh surat lamaran kerja guru ekstrakurikuler
    • contoh surat pengunduran diri dari beasiswa
    • contoh surat kuasa balik nama motor

    Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap



    Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap. Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini :

    • Tempat dan tanggal pembuatan surat
    • Nomor surat
    • Lampiran
    • Hal atau perihal
    • Alamat tujuan
    • Salam pembuka
    • Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
      1. paragraf pembuka
      2. isi surat
      3. paragraf penutup
    • Salam penutup
    • Tanda tangan dan nama terang

    Bagi setiap orang yang ingin melamar kerja, tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah surat lamaran kerja yang Anda buat, surat lamaran yang baik merupakan kunci awal kesuksesan Anda untuk dipanggil kerja di tempat yang Anda lamar. Namun banyak juga orang yang belum paham bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang di senangi oleh HRD. Kesalahan terbesar dalam membuat surat lamaran adalah ketika bahas yang Anda tulis terlihat bertele-tele, ini mengingat HRD tak mungkin membaca semua tulisan Anda yang bertele-tele, karena masih banyak pelamar yang lain yang akan mereka baca. Jadi hal yang terpenting dalam sebuah surat lamaran kerja adalah point pentingnya saja.

    Baca Juga :

    • Contoh Surat Penolakan Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
    • Contoh Format Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar
    • Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Benar
    • Surat Lamaran Kerja Guru Yang Benar dan Formal
    • Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS Yang Benar

    Jika Anda ingin melihat bagaimana surat lamaran yang bagus dan baik di mata HRD, Anda bisa melihat contohnya seperti yang kami buat di bawah ini, perhatikan kata-kata dan point pentingnya seperti hal yang harus Anda perhatikan di bawah ini.

    1. Penggunaan Bahasa Yang Benar, Baku, dan tanpa coretan
    2. Surat lamaran kerja harus punya struktur yang jelas seperti kepala, pembuka, isi, dan penutup.
    3. Tidak bertele-tele, namun padat dan jelas
    4. Tanda tangan harus sesuai KTP
    5. Surat lamaran harus terlihat rapi dan bersih
    6. Tidak ada coretan ataupun bekas tipex

    Adapun gambarannya mengenai surat lamaran yang benar berikut contoh yang bisa Anda ikuti, tapi tetap pastikan saat menulis usahakan jangan ada salah penulisan kata, itu sama saja Anda orang yang tidak teliti dan ceroboh, jika ada salah penulisan kata ganti lagi dengan kertas yang baru. berikut contohnya surat lamaran kerjanya.

    Purwokerto, 22 Desember 2014

    KEPADA:
    Yth. Bapak/Ibu Bag. Personalia
    PT. MAJU SEJAHTERA
    Jalan Raya Gatot Subroto No. 07 Purwokerto
    Banyumas – Jawa Tengah

    Dengan hormat,
    Yang bertanda tangan dibawah ini, saya
    Nama:
    Tempat/tgl lahir:
    Warga negara:
    Agama:
    Alamat sekarang:
    No. Tlp:

    Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja melalui perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan persyaratan berikut ini:

    • Pas photo warna 4×6 2 lembar
    • Foto copy KTP
    • Foto copy Ijazah
    • Foto copy SKHUN
    • Foto copy Trankrip nilai
    • Foto copy kartu kuning
    • Foto copy SKCK
    • Foto copy sertifikat-sertifikat (PKL DLL kalau punya)
    • Foto copy akta kelahiran
    • Daftar riwayat hidup

    Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, kebijaksanaan dan dikabulkan permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya

    ( ————– )

    Bagas Setioso

    Catatan penting Anda harus menyusun lampiran sesuai dengan yang tertulis dilamaran, dari mulai paling atas Pas foto dan paling bawah ditempatkan oleh riwayat hidup, Agar HRD semakin tertarik membaca surat lamaran Anda, ada baiknya lampirkan juga sertifikat yang menurut Anda penting sesuai dengan kemampuan dan Skill yang Anda miliki. Contohnya seperti sertifikat kursus atau pengalaman kerja. Jadi intinya adalah Point penting dari surat lamaran adalah kepala surat, biodata diri serta lampiran yang disertakan bersama surat lamaran.

    Cukup sekian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak melamar sebuah pekerjaan disuatu perusahaan pilihan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda salam sukses selalu.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

    0 comments:

    Posting Komentar