Kumpulan Surat Resmi Dan Non Resmi Lengkap Dengan Contoh Terbarunya

Contoh Kop Surat Resmi dan Perusahaan serta Cara Membuatnya

Surat menyurat merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap individu atau sebuah instalasi, baik itu bergerak dalam bidang faktory atau jasa. Sebab dengan adanya surat menyurat semua kebutuhan akan administrasi akan terpenuhi dan bisa di bilang semala , ada beradaban manusia mungkin konsep surat menyurat akan selalu dibutuhkan. Terlepas adanya teknologi secanggih apapun pasti membutuhkan pendukung fisiknya nya baik itu berupa surata atau sejenisnya.

Dan untuk memperoleh konsep surat yang rapi , serta tetap sasaran dibutuhkan gaya bahasa yang baik supaya orang mudah dalam memahaminya. Adapun kosep ini biasanya harus mengikuti tata bahasa yang berlaku. Dalam hal ini EYD Bahasa Indonesia yang telah disempurnakan. Sebab jika konsep pemahamannya banyak mengandung multi tafsir maka, khawatir orang yang membacanya akan mengalami keseusahan dalam memahaminya.

Dan jangan lupa pula selamu menggunakan bahsa yang sopan , tidak mengandung unsur sara atau unsur yang bisa menyinggung orang atau lembaga yang dituju. Usahakan selalu diawali dengan penghormatan baik itu trimakasih atau sejenisnya. Karena dalam surat menyurat juga memerlukan adab atau sopan santun, supaya orang yang membacanya merasa nyaman dan enak.

Dan adapun contoh Contoh Kop Surat Resmi dan Perusahaan serta Cara Membuatnya adalah sebagai berikut:

    Contoh Surat Pengalaman Kerja Yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

    Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar – Selamat pagi sahabat surat semuanya, bagaimana puasanya masih lancar? Hehe semoga seluruh amalan ibadah kita dibulan yang penuh berkah ini memberikan kita energi positif sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, pikiran serta hati kita.

    Pada kesempatan yang sebelumnya, Dewa-surat telah mengajak sahabat sahabat semua untuk mengulas tentang salah satu contoh surat yang sering digunakan ketika moment lebaran yaitu tentang Contoh Surat Pengajuan THR. Nah pada kesempatan kali ini Dewa-surat juga akan memberikan informasi contoh surat yang juga masih berkaitan dengan surat pengajuan THR. Karena biasanya surat ini dibutuhkan ketika THR telah turun dan seorang pegawai atau karyawan ingin memutuskan Mengundurkan diri dari perusahaan ataupun telah habis kontrak kerjanya.

    Perlu sahabat surat ketahui bahwa ketika kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan ataupun kontrak kerja kita telah habis, maka tidak seluruhnya langkah kita mencari pekerjaan baru harus dimulai dari nol. Karena pihak perusahaan yang telah lama kita tempati untuk bekerja juga akan memberikan sedikit bantuan kepada kita dalam menemukan pekerjaan yang baru, tentunya apabila kita resign atau telah melayangkan Surat Pengunduran Diri dengan baik baik.

    Nah surat dari perusahaan ataupun instansi pemerintah tempat sahabat sahabat bekerja sebelumnya yang dapat membantu langkah sahabat surat dalam menemukan dan mendapatkan pekerjaan adalah surat pengalaman kerja atau yang sering disebut contoh surat referensi kerja. Yang tentunya tidak semua pegawai atau karyawan dapat memiliki surat ini ketika resign dari perusahaan tergantung prestasi yang sahabat miliki. Surat Pengalaman Kerja merupakan sebuah surat pernyataan yang bersifat formal, resmi dan dikeluarkan dari atau oleh sebuah instansi pemerintahan ataupun perusahaan untuk memeberikan keterangan bahwa seseorang yang tercantum dalam surat pengalaman kerja tesebut memang pernah bekerja pada instansi atau perusahaan. Surat pengalaman kerja ini dapat dijadikan bukti oleh karyawan perusahaan untuk mencari pekerjaan yang coco dan sesuai dengan dirinya. Surat ini juga memberikan bukti bahwa karyawan tersebut memang benar benar pernah memiliki pengalaman kerja yang dapat dijadikan pertimbangan perusahaan atau instansi pemerintah dimana karyawan tadi melamar kerja.

    Dalam penulisan atau isi dari surat pengalaman kerja ini sendiri ada beberapa format paten yang harus ada tanpa terkecuali surat pengalaman kerja guru, surat pengalaman kerja bidan, contoh surat pengalaman kerja administrasi, maupun contoh surat keterangan kerja lainnya. Nah yang harus ada dalam penulisan surat pengalaman kerja adalah:

    1. KOP Surat (Perusahaan atau Instansi)
    2. Perihal Surat
    3. Nomor Surat
    4. Pembuat Surat (biasanya bagian HRD, biasanya disebutkan secara lengkap pangkat dan golongannya)
    5. Maksud Penulisan Surat
    6. Nama Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
    7. Biodata Lengkap Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
    8. Keterangan yang Membenarkan Bahwa Pegawai Tertulis diatas Memang Pernah Bekerja pada Perusahaan Terkait.
    9. Keterangan yang Menunjukkan Bahwa Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan memiliki loyalitas dan Prestasi untuk Perusahaan atau Instansi Pemerintah sebelumnya.
    10. Penutup
    11. Tanggal dibuatnya Surat Pengalaman Kerja, Tanda Tangan dan Nama Terang Pembuat Surat.

    Perlu sahabat sahabat surat semua ketahui bahwa ada beberapa perusahaan atau Instansi Pemerintah ketika membuka lowongan kerja menetapkan syarat syarat tertentu seperti surat pengalaman kerja ataupun yang lain. Hal inilah menjadi fungsi utama dibuatnya surat pengalaman kerja untuk karyawan/ pegawai yang keluar dari perusahaan atau instansi pemeritah karena memang dalam surat pengalaman kerja akan memuat tentang promosi diri karyawan yaitu tentang loyalitas dan prestasi yang pernah dicapai ketika bekerja, kelebihan atau potensi yang dimiliki oleh karyawan/ pegawai. Nah karena surat pengalaman kerja ini termasuk dalam salah satu Contoh Surat Resmi, maka usahakan dalam pembuatan surat pengalaman kerja harus menggunakan kosa kata dan bahasa yang baik dan benar serta formal.

    Untuk sahabat surat yang masih bingung dengan penampakan surat pengalaman kerja yang sudah coba kita bedah diatas, yuk langsung saja sahabat surat simak dibawah ini tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja.

    PT. NANG CEPET GEDE

    Alamat : Jln. Perdagangan Komp. Bumi Indah Lestari II, Rengel, Tuban-Jawa Timur

    Telpon : (0322) 312424 – e-mail : klamutanyuk@gmail.com

    =======================================================================

    SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

    Nomor :  ……/PLA-Kalsel/C/20….

    Yang bertanda tangan di bawah ini:

    Nama                            : Nofan Rambu Anarki

    NIP                               : 20122344321994

    Pangkat/Gol                  : Manager

    Jabatan                        : Kepala Divisi Pergudangan

    Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

    Nama                            : Rooney Yan Uwar

    Tempat/Tgl Lahir           : Klaten, 30 Mei 1990

    Alamat                          : Jln. In dulu saja

    Benar telah bekerja pada PT. Nang Cepet Gede yang kami pimpin terhitung sejak 16 Februari 2015 sampai dengan 13 Juni 2017, dengan jabatan terakhir Staff Admin Delivery

    Selama menjadi karyawan kami, saudar Rooney telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap instansi, dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan instansi.

    Demikian surat keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

    Tuban, 19 Juni 2017

    Kepala Gudang

    Nofan Rambu Anarki

    Untuk Sahabat Surat yang masih bingung dengan Format Penulisan ataupun Contoh Surat diatas, silahkan sahabat download Contoh Surat Pengalaman Doc

    Demikian ulasan tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja, semoga setelah membaca ulasan diatas wawasan serta pengetahuan sahabat surat sekalian bisa bertambah, akhir kata terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat, semoga bermanfaat.

     

    • contoh surat disposisi perusahaan
    • surat izin cuti polisi
    • surat lamaran perangkat desa yang benar
    • surat pengunduran diri bumdes
    • surat permohonan kerja di kantor camat
    • contoh surat pengalaman kerja bidan di klinik
    • surat lamaran kerja menjadi chef dalam bahasa inggris dan artinya
    • contoh surat lamaran kerja guru ekstrakurikuler
    • contoh surat pengunduran diri dari beasiswa
    • contoh surat kuasa balik nama motor

    Contoh Kop Surat Resmi dan Perusahaan serta Cara Membuatnya



    Contoh Kop Surat – Kop surat adalah bagian terpenting dari setiap surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, mulai dari pusat hingga tingkat RT, ataupun perusahaan, mulai dari yang berskala internasional hingga lokal. Kenapa begitu penting? Karena dengan adanya kop surat, maka surat tersebut bisa dianggap surat resmi dan sekaligus menunjukkan citra perusahaan yang mengirimnya.

    Contoh, bila pegawai Kecamatan menerima surat dengan kop Kabupaten, pasti surat tersebut akan diperhatikan dengan sangat baik. Atau bila sobat mengirimkan surat lamaran kerja dan kemudian menerima balasan dengan kop resmi, pasti sobat sudah yakin bahwa surat tersebut dikirim oleh perusahaan yang dituju hanya dengan melihat kopnya saja. Tentu saja, diperlukan tanda tangan dari pengirim surat dan cap pemerintah/perusahaan untuk memastikan bahwa surat tersebut adalah benar-benar resmi.

    Baca Juga :

    • Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas yang Resmi dan Benar

    Biasanya, perusahaan mempunyai kertas resmi yang sudah dicetak lengkap dengan kop-nya. Jadi apabila ada pegawai yang membutuhkan untuk menulis surat resmi, yang diperlukan hanya mencetak di kertas tersebut. Tetapi banyak juga yang hanya mempunyai kop dalam format gambar atau template dalam Microsoft Word yang dicetak bersamaan dengan pengetikan surat.

    Contoh Kop Surat Resmi Instansi Pemerintah

    Contoh kop surat resmi instansi pemerintahBiasanya dikeluarkan oleh instansi-instansi pemerintah baik daerah maupun pusat. Yang paling sering kita temui adalah surat dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan dimana kita sering berurusan dengan mereka.

    Contoh Kop Surat Sekolah/Yayasan

    Contoh Kop Surat Sekolah dan YayasanSebagai siswa/i ataupun orang tua murid, kita sering menerima undangan ataupun pemberitahuan suatu acara, seperti acara bagi rapor, perpisahan, kelulusan dalam bentuk surat dengan kop sekolah atau yayasan yang menaungi sekolah tersebut.

    Contoh Kop Surat Perusahaan

    Contoh Kop Surat Perusahaan - Hanya Logo

    Contoh Kop Surat Perusahaan – Model Logo Saja

    Contoh Kop Surat Perusahaan - Desain Modern

    Contoh Kop Surat Perusahaan – Desain Modern

    Contoh Kop Surat Perusahaan Standar

    Contoh Kop Surat Perusahaan Standar

    Jenis kop ini mungkin merupakan jenis yang paling bervariasi karena biasanya mereka memerlukan desain tertentu yang mendeskripsikan perusahaan mereka, yang biasanya berbeda-beda tergantung jenis usahanya.

    Bagaimana kalau sobat ingin membuat sendiri? Berikut adalah cara membuatnya dengan baik dan benar dengan menggunakan Microsoft Word.

    Perlu diperhatikan bahwa dibutuhkan informasi berikut dalam pembuatannya :
    – Nama Perusahaan/Yayasan/Instansi/Organisasi yang ditaruh paling atas, dan biasanya ditulis dengan huruf besar
    – Alamat domisili yang ditaruh setelah nama perusahaan/instansi
    – Alamat Web, nomor telepon dan fax yang ditaruh setelah informasi nama perusahaan dan alamat
    – Logo, bisa ditaruh paling atas, kanan atau kiri tergantung selera.

    Jumlah baris bervariasi. Tidak ada aturan baku yang harus diikuti, sering juga dijumpai informasi mengenai perusahaan hanya ditaruh di bagian kanan/kiri atau hanya logo saja, sedangkan informasi lainnya ditaruh di bagian footer dari kertas tersebut. Berikut contoh-contoh kop surat yang bisa digunakan sebagai referensi.

    Berikut cara membuatnya dengan menggunakan Microsoft Word 2010 :
    – Buka Microsoft Word
    – Pilih menu Insert
    – Pilih tab Header. Akan muncul beberapa pilihan. Disini Kami memilih Blank
    – Ketik informasi perusahaan sobat
    – Rubah ukuran dan warna font sesuai kebutuhan
    – Tekan enter setelah baris ketiga. Kursor akan berada di baris ke-4
    – Pilih menu Home kemudian pilih tab Border dan pilih yang sudah ada garis berwarna hitam pada border bagian bawah. Untuk merubah jenis dan ketebalan garis, bisa masuk ke pilihan Border and Shading
    – Masih di baris yang sama, pindahkan pembatas margin kiri (Left Indent) dan kanan (Right Indent) sehingga garis bisa membatasi header sesuai lebar kertas
    – Apabila ingin ditambahkan logo, pilih menu Insert > Picture. Pilih logo perusahaan/instansi sobat dan sesuaikan letaknya. Apabila logo tidak mau dipindahkan pilih logo > klik kanan > Wrap text > pilih format behind text.
    – Setelah semua selesai pindahkan ke bagian bodi kertas apabila ingin menulis surat dan jangan lupa untuk menyimpan kop surat sobat agar bisa digunakan setiap dibutuhkan. Perhatikan setting printer sobat agar pada saat mencetak, kop surat tidak terpotong.

    Demikian informasi mengenai contoh kop surat dan cara pembuatannya dengan menggunakan Microsoft Word. Semoga membantu. Kalau perlu variasi model, di bawah ada beberapa template gratis dengan gambar seperti di atas yang bisa dimodifikasi dan digunakan sesuai kebutuhan.

      Contoh Kop Surat Instansi Pemerintah.docx (39.7 KiB, 2,336 hits)

      Contoh Kop Surat Sekolah/Yayasan.docx (70.0 KiB, 1,650 hits)

      Contoh Kop Surat Perusahaan.docx (31.3 KiB, 3,618 hits)

      Contoh Kop Surat Perusahaan 2.docx (38.3 KiB, 2,028 hits)

      Contoh Kop Surat Perusahaan 3.docx (58.2 KiB, 1,757 hits)

      Contoh Kop Surat Perusahaan 4.docx (41.0 KiB, 1,730 hits)

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Contoh Kop Surat Resmi dan Perusahaan serta Cara Membuatnya

    0 comments:

    Posting Komentar